Sejarah Seni Bela Diri Yang Kini Menjadi Cabang Olahraga, Yaitu Wushu

Oleh : ftrrahman | 2022-03-28 18:58:06

Jika seseorang menggunakan arti bela diri Wushu yang lebih literal sebagai istilah yang menggambarkan seni bela diri negara Tiongkok, maka sejarahnya Wushu akan sangat luas dan agak tertutup oleh misteri. Pada umumnya seni bela diri yang berasal dari negara Tiongkok kembali ke ribuan tahun yang lalu dan diformulasikan untuk alasan yang sama dimana seni bela diri itu sudah ada di berbagai daerah dengan masing-masing ciri khas. Digunakan ketika berburu binatang dan juga untuk melindungi dari ancaman musuh. Salah satu formalisasi awal seni bela diri ini tampaknya telah terjadi di bawah Kaisar Huangdi, yang naik takhta pada 2698 SM. Secara khusus, jenis gulat diajarkan kepada pasukan pada waktu itu yang menggunakan helm bertanduk. Ini disebut sebagai Horn Butting atau Jiao Di. Dari situlah dasar-dasar sejarah seni bela diri Tiongkok dapat ditemukan dalam panduan sejarah dan seni bela diri kung fu.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sejarah seni bela diri negara Cina agak diselimuti misteri. Dan tidak ada catatan sejarah yang sangat spesifik setelah ribuan tahun berlalu. Namun, itu juga karena upaya yang dilakukan di bawah kekuasaan Mao Zedong dan Komunis untuk menghancurkan hampir segala sesuatu yang tradisional yang ada di Negara Tiongkok. Sastra di Kuil Shaolin dihancurkan pada saat itu dan juga beberapa para master kung fu meninggalkan negara itu, yang semuanya membuat esensi seni bela diri itu asli agak memudar.
Selain hal itu, pada pertengahan tahun 1900-an pemerintah Tiongkok berusaha untuk me-Nasionalisasi dan menstandardisasi praktik seni bela diri di Tiongkok. Intinya, ini mengubah aspeknya menjadi olahraga. Pada tahun 1958, Asosiasi Wushu Seluruh China dibentuk melalui penunjukan dari pemerintah. Seiring dengan ini, olahraga ini dikenal sebagai wushu. Pada tahun 1986, Institut Penelitian Wushu Nasional Tiongkok didirikan sebagai otoritas pusat untuk penelitian dan administrasi kegiatan Wushu di Republik Rakyat Tiongkok.
Kompetisi wushu umumnya dibagi menjadi dua fokus yaitu taolu (bentuk) dan sanda (sparring). Taolu atau bentuk adalah gerakan yang telah ditentukan sebelumnya yang dirancang untuk bertahan melawan penyerang imajiner. Bentuk bagian dari kompetisi wushu tentu saja dinilai berdasarkan kriteria tertentu
Tags : Wushu